Halaman Judul
LAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK MENGAJAR
(PM II)
SMA-NU PALANGKA
RAYA
Disusun Oleh:
NURHIDAYAT
NOVALIS
NIM: 1301140326
Dosen Pembmbing
NANIK
LESTARININGSIH, M. Pd
NIP. 19870502
201503 2 005
Guru Pamong
DWI WIDODO
KASNO, S. Hut
PROGRAM STUDI
TADRIS BIOLOGI
JURUSAN PENDIDIKAN
MIPA
FAKULTAS TARBIYAH
DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI PALANGKA RAYA
2016
Halaman Pengesahan
LAPORAN PRAKTIK MENGAJAR II TAHUN AKADEMIK
2016/2017
PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALANGKA
RAYAPALANGKA RAYA
Nama : NURHIDAYAT NOVALIS
NIM : 130
114 0326
Bahwa nama
tersebut di atas telah melaksanakan Praktik Mengajar II di SMA NU Palangka
Raya, terhitung mulai tanggal 06 September s/d 22 November 2016.
Telah disetujui dan disahkan oleh:
|
|
Dosen Pembimbing
NANIK
LESTARININGSIH, M. Pd
NIP. 19870502
201503 2 005
|
Guru Pamong
DWI
WIDODO KASNO, S. Hut
|
Mengetahui:
Kepala Kepala SMA NU Palangka Raya
Drs.
H A D A R I
NIP.
19680105 199303 1 011
Halaman Motto
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ
ءَامَنُوٓاْ إِذَا قِيلَ لَكُمۡ تَفَسَّحُواْ فِي ٱلۡمَجَٰلِسِ فَٱفۡسَحُواْ
يَفۡسَحِ ٱللَّهُ لَكُمۡۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُواْ فَٱنشُزُواْ يَرۡفَعِ ٱللَّهُ
ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ دَرَجَٰتٖۚ
وَٱللَّهُ بِمَا تَعۡمَلُونَ خَبِيرٞ ١١
11. Hai
orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam
majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu.
Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang
yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa
yang kamu kerjakan
(Q.S. Al-Mujadillah : 11)
Kata Pengantar Dan Ungkapan Terima Kasih
alhamdulillah, puji syukur kita
panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, taufik, dan
hidayah-Nya kepada kita semua sehingga dalam kesempatan ini penulis dapat
menyelesaikan laporan hasil kegiatan Praktik Mengajar II (PM II) IAIN Palangka
Raya di SMA NU Palangka Raya dengan baik dan sesuai yang kita harapkan.
Shalawat serta salam tak lupa dihaturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad
SAW beserta keluarga, sahabat-sahabat, dan juga umat beliau hingga akhir
kiamat.
Praktik
Mengajar II (PM II) adalah kuliah lapangan yang berfungsi untuk menerapkan ilmu
kependidikan dan metodologi pembelajaran. Penerapan dalam bentuk nyata dapat
memberikan kontribusi yang positif kepada penyusun, baik melalui pemikiran,
ide, gagasan, tindakan, dan lain sebagainya.
Selama
± 2 bulan penulis melaksanakan Praktik Mengajar II (PM II) IAIN Palangka Raya
di SMA NU Palangka Raya. Banyak ilmu dan pengalaman yang penyusun peroleh
sebagai pelajaran dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Dalam
kesempatan ini, penyusun mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua
elemen yang telah ikut membantu, memberikan saran, ide, gagasan sehingga dalam
pelaksanaan Praktik Mengajar II (PM II) dapat berjalan dengan baik dan lancar,
untuk itu penulis ucapkan terima kasih kepada:
1.
Yth. Bapak Dr. Ibnu Elmi AS. Pelu, S.H., M.H.,
selaku Rektor IAIN Palangka Raya.
2.
Yth. Panitia Praktik Mengajar II beserta
jajarannya yang telah bekerja keras demi terlaksananya PM II.
3.
Yth. Bapak Drs. Hadari, selaku Kepala SMA NU
Palangka Raya yang dengan senang hati menerima dan membantu mahasiswa dalam
pelaksanaan Praktik Mengajar II.
4.
Yth. Ibu Nurmadiah,
S.Pd selaku koordinator guru pamong yangtelah memberikanbimbingan dan
saran-saran yang membangun selama pelaksanaan Praktik Mengajar II di SMA NU Palangka Raya.
5.
Yth. Bapak Dwi Widodo Kasno, S. Hut selaku guru
pamong yang telah memberikan bimbingan dan saran-saran yang membangun selama
pelaksanaan Praktik Mengajar II di SMA
NU Palangka Raya.
6.
Yth. Ibu Nanik
Lestariningsih, M.Pd selaku dosen pembimbing yang telah memberikan
bimbingan kepada penulis selama pelaksanaan Praktik Mengajar II di SMA NU
Palangka Raya.
7.
Semua guru, staf tata usaha dan guru BK yang
banyak membantu mahasiswa dalam mengadakan observasi serta penulisan laporan
ini.
8.
Rekan-rekan kelompok Praktik Mengajar II atas
kerjasamanya yang baik.
Dan
semua orang yang telah ikut berpartisipasi membantu dalam pelaksanaan kegiatan
Praktik Mengajar II (PM II) khususnya kepada teman-teman dalam satu kelompok
yang telah membantu dan memberikan motivasi dari mulai pelaksanaan sampai
selesainya laporan Praktik Mengajar II (PM II).
Tidak
lupa penyusun ucapkan terima kasih kepada siswa-siswi SMA NU Palangka Raya yang
telah menerima penyusun sebagai pengajar selama menjalani Praktik Mengajar II
(PM II) dan pihak-pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu.
Penyusun
menyadari bahwa laporan ini tentunya masih mempunyai kesalahan dan jauh dari
sempurna. Oleh karena itu penyusun tidak mengunci diri dari pada kritik dan
saran yang bersifat membangun ke arah yang lebih baik. Semoga laporan ini dapat
diterima dan dapat memberikan manfaat kelak dikemudian hari.
Palangka Raya, November 2016
Penyusun
NURHIDAYAT NOALIS
1301140326
Daftar Isi
Daftar Tabel
BAB I
Gambaran Sekolah
A. Sejarah Berdirinya
Sekolah Menengah Atas Nahdlatul Ulama Palangka Raya didirikan
pada tahun 1984 yang diasuh oleh Jam’iyatul Nahdlatul Ulama, karena itu dapat
dipahami bahwa lahir dan berkembangnya Lembaga Pendidikan ini tidak terlepas
dari pertumbuhan dan perkembangan Nahdlatul Ulama. Khususnya di daerah
kotamadya Palangka Raya. Jam’iyatul Nahdlatul Ulama Provinsi Kalimantan Tengah
berdiri pada tahun 1958, setahun kemudian dibentuk pula kepengurusan wilayah
Ma’arif Nahdlatul Ulama Tingkat 1 mengelola pelaksanaan pendidikan.
Sejak kepengurusan periode pertama (1959) sampai
periode keenam (1980). Pengurus Lembaga Ma’arif Nahdlatul Ulama telah berhasil
mendirikan beberapa sekolah yang
berlokasi di dalam kota Palangka Raya, seperti Raudhatul Atfal (TK NU),
Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama dan Sekolah Menengah Atas Nahdlatul Ulama.
Selanjutnya pada periode ketujuh (1982), karena ingin memberikan kesempatan
kepada lulusan SMP-NU khususnya dan lulusan SMP lainnya melanjutkan kejenjang
SLTA. Maka pengurus Ma’arif Nahdlatul Ulama merencanakan mendirikan SMA-NU,
rencana ini mendapat dukungan dari masyarakat khususnya warga Nahdlatul Ulama.
Awal tahun ajaran 1984/1985 dan bersamaan dengan berlakunya
kurikulum baru untuk tingkat SLTA, yakni kurikulum 1984, maka didirikanlah
SMA-NU Palangka Raya. Dalam perkembangan SMA-NU Palangka Raya mengalami tiga
kali pergantian kepala sekolah yang pertama dijabat oleh Bapak Drs. Yusran
Usman dari tahun 1985 sampai tahun 2003. Kemudian pergantian yang kedua dijabat
oleh Bapak Drs. Mahlani samapai tahun 2010. Pada masa kepemimpinan Bapak
Mahlani dilaksanakan akreditasi ulang sekolah dan hasilnya mendapat status
akreditasi Baik (B) pada tahun 2005. Selama kepemimpinan Bapak Mahlani SMA-NU
mengalami perkembangan yang sangat pesat. Diantaranya ada penambahan gedung
dari bantuan Pemerintah Pusat seperti ruang kelas, ruang perpustakaan,
laboraturium IPA, komputer, serta peralatan-peralatan praktik IPA.
Setelah itu pergantian yang ketiga pada tahun 2010
kepemimpinan berpindah lagi kepada Bapak Drs. Hadari sampai sekarang. Pada masa
kepemimpinan Bapak Hadari mendapat bantuan beberapa guru PNS pindahan dari
sekolah-sekolah lain dan juga mendapatkan bantuan dari tambahan ruang kelas
belajar dari APBD Propinsi Kalimantan Tengah, serta mendapat bantuan dari
Pemerintah Pusat berupa peralatan komputer 10 unit, LCD dan laptop
masing-masing 2 unit. Bantuan ini digunakan dalam rangka untuk meningkatkan
mutu dan kualitas pendidikan di SMA-NU Palangka Raya. Selama dua tahun
berturut-turut SMA-NU Palangka Raya meluluskan siswa siswinya 100%. Untuk lebih
jelasnya dapat di lihat pada tabel berikut:
No
|
Nama
|
Tahun
|
1
|
Drs. Yusran Usman
|
1985-2003
|
2
|
Drs. Mahlani
|
2003-2010
|
3
|
Drs. Hadari
|
2010-Sekarang
|
B. Tujuan Dan Sasaran
1. Tujuan
a. Melahirkan siswa yang berakhlak mulia, beriman dan
bertaqwa kepada Allah SWT serta memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi,
b.
Mampu
meningkatkan Nilai Hasil Ujian Sekolah (US) dan Nilai Hasil Ujian Nasional (UN)
dari tahun ke tahun,
c.
Meningkatkan
kualifikasi dan etos kerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang ada,
d.
Mengupayakan
pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana penunjang/pendukung kegiatan belajar
mengajar yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan,
e.
Melaksanakan
program pendidikan secara profesional dan bermutu,
f.
Meningkatkan
mutu layanan pendidikan yang meliputi pemanfaatan Perpustakaan, Laboratorium
IPA dan Laboratorium Komputer,
g.
Meningkatkan
pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat
sebagai bekal kecakapan hidup,
h.
Berupaya
untuk menambah Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB),
i.
Melakukan
penataan lingkungan yang bersih, nyaman dan indah.
2. Sasaran
a. Perlu penambahan fasilitas bangunan ruang kelas baru
dan rehabilitasi ruang belajar yang memenuhi standar,
b. Meningkatkan
nilai US dan UN sesuai dengan standar yang ditetapkan,
c. Membina
dan meningkatkan Profesional guru-guru,
d. Membuka
lahan untuk halaman sekolah dan tempat olah raga siswa,
e. Melengkapi
berbagai sarana dan prasarana Laboratorium Komputer yang standar,
f.
Melengkapi berbagai sarana dan prasarana
ekstrakurikuler,
g. Melengkapi
ruang Perpustakaan yang memenuhi standar mutu pendidikan.
C. Program Sekolah
SMA NU Palangka Raya di tahun pelajaran 2015/2016 memiliki enam program kerja sekolah yang lebih
terfokus ke pengadaan sarana dan prasarana sekolah, yaitu:
Program Kerja 1: Penambahan Peralatan Komputer dan
Peningkatan Pemanfaatan Laboratorium Komputer.
Rincian Program:
- Mengadakan musyawarah dengan Komite Sekolah dan Yayasan,
- Mengajukan permohonan pengadaan peralatan komputer,
- Menentukan alat/sarana Laboratorium Komputer yang perlu di tambah,
- Menyusun RAPBS dan keperluan peralatan Laboratorium komputer,
- Melaksanakan kegiatan pengadaan,
- Monitoring/pemantauan pelaksanaan kegiatan,
7.
Pelaporan.
Program Kerja 2: Pengadaan Les/Bimbingan Belajar
Tambahan bagi Siswa Kelas XII. Rincian Program:
1. Menyusun
jadwal les/bimbingan belajar tambahan bagi siswa kelas XII,
2. Mengadakan
les/pelajaran tambahan bagi siswa kelas XII,
3. Menyusun
rencana biaya pengadaan les/bimbingan belajar tambahan bagi siswa kelas XII
4. Melaksanakan
monitoring terhadap guru-guru yang melaksanakan jam pelajaran tambahan,
5. Mengadakan kegiatan Try Out.
Program Kerja 3: Pengaktifan MGMP Sekolah.
Rincian
Program:
1. Menyusun
strategi mengajar,
2. Membahas
dan mencari pemecahan masalah yang timbul,
3. Membantu
guru dalam pemahaman materi ajar yang sulit dipahami,
4. Mengundang
instruktur mata pelajaran ke sekolah,
5.
Pertemuan
periodik sekali satu bulan antara guru-guru mata pelajaran sejenis dari sekolah
lain,
6. Pelaporan.
Program Kerja 4: Peningkatan Pemanfaatan Sarana
dan Prasarana Laboratorium IPA. Rincian Program:
1. Identifikasi
kondisi dan keperluan laboratorium,
2. Perencanaan
pengadaan alat/barang yang kurang,
3. Pengadaan
alat/barang keperluan laboratorium IPA,
4. Pelaporan
pelaksanaan dan hasil rehabilitasi,
5. Pengadaan
alat/barang keperluan praktikum IPA,
6. Pengaturan
penggunaan alat dan bahan praktikum IPA,
7. Pengaturan jadwal penggunaan laboratorium IPA.
Program Kerja 5: Peningkatan Layanan Perpustakaan.
Rincian
Program:
1. Identifikasi
dan inventarisasi keperluan koleksi buku-buku perpustakaan,
2. Pengadaan
buku-buku: pegangan siswa, referensi siswa, referensi guru, buku-buku
peningkatan profesi guru,
3. Pengamanan
sarana/prasarana perpustakaan,
4. Mengatur
manajemen dan administrasi perpustakaan,
5. Perbaikan
dan pemeliharaan ruang dan alat meubeler perpustakaan,
6. Pelaporan pelayanan perpustakaan secara periodik.
Program Kerja 6 : Peningkatan Sarana/Prasarana
Sekolah dan PBM di kelas.
Rincian
Program:
1. Identifikasi dan inventarisasi sarana/prasarana
sekolah yang baik dan yang rusak,
2. Perbaikan dan pemeliharaan
sarana/prasarana sekolah seperti gedung, ruang dan alat meubeler,
3. Pengadaan sarana alat tulis dalam kegiatan PBM di
kelas,
4. Pengaturan dan pengamanan penggunaan
sarana/prasarana sekolah.
D. Permasalahan Yang Dihadapi
Berikut
adalah permasalahan yang dihadapi SMA NU Palangka Raya, yaitu:
a. Ruang kelas tempat berlangsungnya proses belajar
mengajar yang masih kurang dan kualitas ruang belajar yang tidak memenuhi
standar,
- Tantangan mengenai kualitas mutu akademik dalam rata-rata pencapaian nilai US dan UN masih perlu ditingkatkan,
- Jumlah guru yang mengajar sesuai dengan latar belakang jurusan belum sebanding dengan jumlah mata pelajaran,
d. Lahan yang dimiliki sekolah tidak dimanfaatkan
secara maksimal untuk halaman dan tempat olah raga siswa,
- Ruang dan alat Laboratorium IPA yang kurang dalam perawatan,
- Buku-buku Perpustakaan yang masih kurang memenuhi sesuai perbandingan jumlah siswa,
g. Sarana penunjang Laboratorium Bahasa yang belum
terpenuhi.
BAB II
Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Di Kelas
A. Kondisi Siswa
Kondisi siswa yang penulis lihat dan amati selama pelaksanaan
PM II di SMA NU Palangka Raya sangat beragam. Dari segi akademis, tentu saja
ada perbedaan dari setiap siswa. Ada siswa yang dapat dengan mudah menyerap
pelajaran, ada pula yang memerlukan waktu yang cukup lama dengan penjelasan
yang berulang-ulang untuk dapat menyerap pembelajaran.
Sedangkan dari segi antusias belajar, siswa bisa dikatakan
cukup antusias dan bersemangat karena metode yang beragam dan menarik. Dengan
sedikitnya siswa dalam ruangan juga menjadikan KBM menjadi kondusif dan guru
mudah untuk mengkontrol suasana kelas.
Tetapi, dari segi penugasan beberapa siswa sering telat untuk
mengerjakannya dan dari segi waktu untuk mata pelajaran Biologi sangat sedikit
karena seminggu hanya masuk satu kali selain itu dari segi jam pelajaran. Jam
pelajaran biologi hanya 1 jam saja masuknya dan itu berdampak kependalaman
materi.
B. Saran Dan Prasarana Penunjang KBM
Dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas,
tidak lupa juga didukung oleh sarana dan prasarana sebagai penunjang
keberhasilan proses belajar mengajar. Diantaranya adalah tersedianya ruang
belajar yang memadai, meja dan kursi yang layak pakai, LCD, Buku siswa, kipas,
dan Mushola sebagai tempat ibadah. Oleh karena itu proses belajar mengajar di
SMA NU Palangka Raya dapat berjalan dengan baik.
Berikut sarana dan prasarana penunjang yang tersedia di SMA NU Palangka
Raya yang berguna untuk membantu kelancaran proses belajar mengajar,
diantaranya:
No
|
Nama Barang
|
Kode Barang
|
Banyaknya
|
Sumber
|
Keterangan
|
1.
|
Meja Praktek Siswa/i
|
20 buah
|
Baik
|
||
2.
|
Kursi Praktek Siswa/i
|
20 buah
|
Baik
|
||
3.
|
Meja Panjang
|
6 buah
|
Baik
|
||
4.
|
Kursi Bulat
|
28 buah
|
Baik
|
||
5.
|
Lemari Barang
|
5 buah
|
Baik
|
||
6.
|
Meja Guru
|
1 buah
|
Baik
|
||
7.
|
Kursi Guru
|
1 buah
|
Baik
|
No
|
Nama Barang
|
Kode Barang
|
Banyaknya
|
Sumber
|
Keterangan
|
1.
|
Meja Guru
|
-
|
4
|
Baik
|
|
2.
|
Kursi Guru
|
4
|
Baik
|
||
3.
|
Papan Tulis whiteboard
|
-
|
4
|
Baik
|
|
4.
|
Papan Tulis blackboard
|
-
|
4
|
Baik
|
|
5.
|
Papan tulis daftar hadir siswa
|
-
|
4
|
Baik
|
|
6.
|
Papan tulis data administrasi
siswa
|
-
|
1
|
Baik
|
|
7.
|
Meja Siswa
|
-
|
90
|
Baik
|
|
8.
|
Kursi Siswa
|
90
|
No
|
Nama Barang
|
Kode Barang
|
Banyaknya
|
Sumber
|
Keterangan
|
1.
|
Lemari buku
|
1
|
|||
2.
|
Rak buku
|
6
|
Baik 4
|
||
3.
|
Rak katalog
|
1
|
|||
4.
|
Rak majalah
|
1
|
|||
5.
|
Rak koran
|
1
|
|||
6.
|
Rak penitipan tas
|
1
|
|||
7.
|
Bangku kayu
|
8
|
|||
8.
|
Bangku plastic
|
6
|
Rusak 2
|
||
9.
|
Meja panjang
|
2
|
|||
10.
|
Meja petugas
|
1
|
|||
11.
|
Kursi plastic
|
1
|
|||
12.
|
Kursi rotan
|
1
|
No
|
Nama Barang
|
Kode Barang
|
Banyaknya
|
Sumber
|
Keterangan
|
1.
|
Karpet
|
6
lembar
|
Sekolah
|
Baik
|
|
2.
|
Pengeras suara
|
1
buah
|
Sda
|
Baik
|
|
3.
|
Sejadah
|
6
lembar
|
Sda
|
Baik
|
|
4.
|
Mukena
|
2
buah
|
Sda
|
Baik
|
|
5.
|
Sarung
|
1
lembar
|
Hadiah
lomba PHBI
|
Baik
|
|
6.
|
Al-Qur’an
|
20
buah
|
Bantuan
Depag
|
Baik
|
|
7.
|
Al-Qur’an terjemah
|
4
buah
|
Sda
|
Baik
|
|
8.
|
Rikal
|
20
buah
|
Sda
|
Baik
|
|
9.
|
Tafsir Al-Qur’an
|
1
buah
|
Sda
|
Baik
|
|
10.
|
Buku Iqra dan Juz’amma
|
20
buah
|
Sda
|
Baik
|
|
11.
|
Buku penuntun sholat
|
15
buah
|
Sda
|
Baik
|
|
12.
|
Kamus bahasa arab
|
6
buah
|
Sda
|
Baik
|
|
13.
|
Kopiah
|
10
buah
|
Sda
|
Baik
|
|
14.
|
Jam dinding
|
1
buah
|
Hadiah
lomba PHBI
|
Baik
|
No
|
Nama Barang
|
Kode Barang
|
Banyaknya
|
Sumber
|
Keterangan
|
1.
|
Alat-alat Drum Band
|
||||
- Bass drum
|
2
|
1 rusak
|
|||
- Trio
|
1
|
rusak
|
|||
- Belira
|
8
|
2 rusak
|
|||
- Pianika
|
3
|
Baik
|
|||
- Snar
|
4
|
1 rusak
|
|||
- Tenor
|
3
|
Baik
|
|||
- Simbal
|
1
|
Baik
|
|||
- Stick mayoret
|
1
|
½ rusak
|
|||
2.
|
Alat-alat Olah Raga
|
||||
* Basket
|
|||||
- Lapangan
|
1
|
Baik
|
|||
- Ring
|
2
|
1 rusak
|
|||
- Bola
|
1
|
Rusak
|
|||
* Tenis
Meja
|
|||||
- Meja tenis meja
|
1
|
Baik
|
|||
- Net
|
1
|
Baik
|
|||
- Bet
|
4
|
Baik
|
C. Uraian Pelaksanaan KBM dan Kendala-Kendala Yang Dihadapi Serta Solusinya
Dalam pelaksanaan KBM, mahasiswa PM II di wajibkan
melaksanakan 6 (enam) kali pertemuan, dan penulis mendapatkan 1 (satu) kelas
yaitu kelas X dengan jumlah murid 6 orang siswa sebagai tempat praktek. Adapun
ketika penulis melaksanakan praktekannya ada beberapa faktor pendukung,
penghambat dan solusi atas masalah yang dihadapi, yaitu sebagai berikut:
1. Kegiatan dan Program Pelaksanaan KBM
a. Kegiatan KBM
Praktik keguruan dilaksanakan oleh mahasiswa PM II
di dalam kelas yang sebelumnya telah ditentukan oleh guru pamong. Pembimbingan
kegiatan praktik keguruan ini secara berkesinambungan dilaksanakan oleh guru
pamong, dosen pembimbing, dan diawasi oleh kepala sekolah.
Praktik mengajar dilaksanakan selama 1 – 6 kali tatap muka bagi program Strata 1
(S-1). Kegiatan praktik mengajar ini terdiri dari:
1) Menyusun persiapan tertulis
Menyusun persiapan tertulis dimulai dari
mengumpulkan kalender akademik, silabus, program tahunan, dan program semester.
Dari ketiga hal tersebut, disusunlah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
yang akan menjadi skenario dan pedoman mahasiswa PM II saat mengajar. Mahasiswa
PM II wajib membuat RPP untuk setiap tatap muka. RPP harus dikonsultasikan dan
disetujui terlebih dahulu oleh guru pamong dan dosen pembimbing.
2) Melaksanakan kegiatan mengajar
Pelaksanaan kegiatan mengajar dilakukan setelah
RPP dikonsultasikan dan disetujui oleh guru pamong dan dosen pembimbing. Guru
pamong dan dosen pembimbing dapat mengawas di dalam kelas di saat mahasiswa PM
II melakukan praktik mengajar. Jika dalam pelatihan terbimbing mahasiswa PM II
dirasa sudah mampu untuk mengajar, mahasiswa PM II dapat melakukan pelatihan
mandiri.
b. Program Pembelajaran
Program pembelajaran yang terdapat di SMA NU
Palangka Raya terdiri dari kalender akademik, silabus, program semester, program
tahunan, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) selama kegiatan belajar
mengajar berlangsung. Mahasiswa PM II diwajibkan menyusun RPP sendiri dengan
bantuan guru pamong dan dosen pembimbing sebagai pengoreksi hal-hal apa saja
yang kurang atau salah di dalam RPP. Adapun RPP yang telah dibuat oleh
praktikan dibuat terlampir.
2. Faktor Pendukung
Pelaksanaan Praktek Mengajar II berjalan dengan Lancar dan
baik. Hal ini dikarenakan adanya beberapa faktor penunjang palaksanaan Praktek mengajar II diantaranya
Adalah :
a. Kondisi sekolah yang sudah mudah dijangkau dan
cukup baik dan layak sebagai tempat pelaksanaan Praktek Mengajar II, Karena
kepala sekolah, guru- guru dan juga para siswa bersedia bekerja sama.
b. Pelayanan konsultasi yang bersifat kekeluargaan.
c. Adanya kebebasan untuk mengembangkan materi dengan
mengemukakan contoh yang sesuai dengan kehidupan sehari- hari serta tanggapan
siswa yang antusias terhadap materi yang telah disampaikan.
d. Lengkapnya fasilitas yang menunjang proses belajar
mengajar, seperti tersedianya LCD Monitor.
e. Sarana dan prasarana sekolah yang cukup memadai
sehingga memudahkan mengajar.
f.
Kondisi
sekolah yang mudah dijangkau dan sangat layak sebagai tempat pelaksanaan
Praktik Mengajar II, karena Kepala Sekolah, dewan guru beserta staf dan juga
para siswa bersedia bekerjasama.
g. Pelayanan konsultasi kepada dosen pembimbing dan
guru pamong yang bersifat kekeluargaan dan mudah untuk bertatap muka.
h. Adanya kebebasan untuk mengembangkan materi dan
metode yang sesuai kehidupan sehari-hari siswa.
3. Faktor Pengambat
Kendala atau faktor
penghambat kelancaran praktek Mengajar II diantaranya sebagai berikut :
a. Tidak dapat melaksanakan praktikum Biologi di lab,
kecuali praktikum lapangan.
4. Solusi dan Penyelesaian Masalah
Dalam
pelaksanaan PM II di SMA NU Palangka Raya pasti ada kendala yang menghambat.
Tentunya setiap kendala ada solusi atas kendala tersebut. Adapun solusi kendala
di atas antara lain:
a. Bagi siswa yang minat belajar Biologinya kurang, maka pelajaran hendaknya
di selingi sekali-kali dengan praktikum untuk menarik minat para siswa.
b. Bagi siswa yang kurang menguasai atau kurang mampu dalam memahami pelajaran
Biologi supaya dapat belajar terus dan jangan patah semangat.
BAB III
Penutup
A. Kesimpulan
Dari uraian di atas dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Praktik Mengajar (PM) II merupakan sarana yang
tepat untuk mengamalkan segala pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya
melalui perkuliahan. Praktik Mengajar (PM) II merupakan gabungan dari teori
yang diajarkan dengan praktik di lapangan.
2. Praktik Mengajar (PM) II merupakan wahana untuk
meningkatkan mutu pendidikan dan merupakan aplikasi dari teori-teori yang
diperoleh dari perkuliahan.
3. Praktek Mengajar II dapat berjalan dengan baik
karena beberapa faktor pendukung seperti, para guru sangat apresiasi dan
menerima mahasiswa Praktek mengajar II dengan baik, pelayanan konsultasi yang
kekeluargaan, sarana dan prasarana dari sekolah sudah cukup memadai.
4. Adapun faktor penghambat praktek mengajar II ada
beberapa hal diantaranya kurangnya minat siswa dalam belajar Biologi dan lebih
mementingkan kegiatan ekstrakurikuler.
B. Saran
Adapun saran yang dapat disampaikan sebagai berikut :
1. Bagi panitia pelaksana Praktik Mengajar (PM) II,
pelaksanaan Praktik Mengajar (PM) II hendaknya disesuaikan dengan kondisi sekolah
dan kondisi kuliah Mahasiswa, sehingga tidak terjadi penundaan.
2. Mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Praktik
Mengajar ( PM ) II, hendaknya mempersiapkan diri dengan semaksimal mungkin,
yang mempunyai wawasan pengetahuan dan keterampilan-keterampilan dalam mengajar
dan menjaga kekompakkan dalam satu kelompok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar